Optimasi Iklan Adsense Ukuran 320×100 Pada Situs Seluler Agar Meningkatkan Earning – Beriklan Goolge AdSense merupakan salah satu profesi yang membutuhkan ketelitian supaya hasilnya sesuai dengan harapan. Dalam hal ini hanya sedikit saja yang mampu menguasai teknik pemasangan iklan yang benar dan tepat sehingga bisa meningkatkan earning dengan cepat.
Banyak dari mereka yang mencari cara agar meningkatkan earning Adsense yang dikelolanya, namun sayang hanya sedikit saja yang berhasil mengingat ada banyak faktor yang menghambat keberhasilannya terutama masalah SDM (Sumber Daya Manusia).
Penempatan iklan AdSense yang benar juga menjadi satu alasan kenapa pengunjung mau mengklik atau setidaknya mereka merasa nyaman karena halaman situs yang dikunjunginya tidak sarat dengan iklan yang bukan merupakan komponen utama dari pencariannya.
Dalam hal penempatan iklan, ada dua bagian terpenting yang harus diperhatikan yaitu pada tampilan situs desktop dan mobile (seluler). Ada teknik tertentu untuk menampilkan iklan AdSense pada kedua tampilan situs ini agar hasilnya optimal.
Penulis sering menjumpai teman-teman publisher pemula yang menyamakan cara memasang iklan dengan ukuran tertentu pada versi desktop dan seluler, padahal menurut pengalaman penulis ini adalah cara yang salah karena iklan yang terlalu lebar akan terpotong sehingga akun rawan banned.
Permasalahan di atas bisa menyebabkan earning selalu kecil karena penempatan iklan yang kurang sesuai dengan device. Sehingga wajar saja kalau yang tidak memahami penempatan iklan AdSense maka ia akan lama merasakan gurihnya gajian dari Google bisa-bisa 1 tahun baru Pay Out.
Menyikapi hal ini penulis mencoba membuat sebuah analisa dan menjelajahi situs dukungan Google AdSense untuk mendapatkan informasi terbaru dan penting yang dapat meningkatkan earning.
Baca : Pengumuman Penting Adsense Yang Dapat Mempengaruhi Earning
Perlu sobat ketahui di zaman sekarang ini lebih dari 60 persen pengguna internet menggunakan seluler untuk menjelajahi dunia maya. Situs ini sendiri pengunjungnya 80 persen dari seluler (mobile) jadi mau tidak mau penulis harus memprioritaskan optimasi tampilan pada versi mobile-nya.
Baik, mari kita simak bagaimana cara sederhana untuk meningkatkan performa iklan AdSense di situs seluler sehingga bisa meningkatkan earning sobat.
Bagaimana cara optimasi iklan AdSense ukuran 320×100 pada situs versi seluler agar meningkatkan earning?
Sebenarnya ada banyak teknik memasang iklan yang tepat di situs versi seluler, namun penulis hanya akan memberikan satu teknik saja supaya sobat fokus mempelajarinya. Untuk teknik yang lainnya bisa sobat jumpai pada artikel selanjutnya.
Untuk menempatkan iklan di situs versi seluler, penulis menggunakan ukuran iklan 320×100 sesuai dengan arahan dari tim AdSense. Penulis menerapkan teknik ini dan Alhamdulillah hasilnya lumayan bisa mendorong earning (penghasilan) untuk terus merangkak naik.
Cara menempatkan iklan AdSense ukuran 320×100
Dengan menggunakan unit iklan 320×100 ini, berarti sobat mengizinkan unit 320×50 untuk bisa tampil juga yang dapat menyebabkan RPM lebih tinggi. Apabila menempatkan spanduk seluler besar ini di situs sobat, maka dapat meningkatkan penghasilan melalui peningkatan tarif klik.
Sebaiknya tempatkan unit iklan berukuran 320×100 di paro atas karena menurut penelitian para praktisi AdSense tingkat dunia menunjukkan bahwa posisi iklan pada situs versi seluler yang paling berharga berada tepat di paro atas atau tepatnya di sekitar bagian header.
Biasanya iklan paro atas pada versi desktop berukuran 728×90 dan pada versi seluler berukuran 320×50, contohnya seperti pada template evomagz. Jadi kita akan sedikit memodifikasi ukuran iklan menjadi 320×100 pada versi seluler supaya bisa tampil sesuai versinya (seluler dan desktop).
Apakah memodifikasi iklan tidak melanggar kebijakan AdSense ?
Tidak, jika yang kita gunakan unit iklan responsive karena merupakan pengecualian dari teknik pemasangan iklan yang harus dihindari, sedangkan untuk ukuran non responsive maka tidak diperbolehkan untuk dimodifikasi.
Untuk membuat unit iklan 320×100 tampil di paro atas pada versi seluler maka kita harus memodifikasi sebuah unit iklan responsive dengan menggunakan CSS. Silahkan ambil kode unit iklan responsive dari akun AdSense sobat. Berikut ini adalah contoh script dan langkahnya :
Modifikasi Script Iklan 320×100
<style>
.advertise_responsive_1 { width: 300px; height: 100px; }
@media(min-width: 500px) { .advertise_responsive_1 { width: 728px; height: 90px; }
}
</style><script async
src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<!– ADS320X100 –>
<ins class=”adsbygoogle advertise_responsive_1”
style=”display:inline-block”
data-ad-client=”ca-pub-12345678xxxxxxxx”
data-ad-slot=”xxxxxx2550“></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>
Keterangan :
Ganti .advertise_responsive_1 sesuai keinginan sobat. Jangan lupa pakai bahasa inggris untuk nama CSS-nya.
Ganti kode Ca-pub dan ad-slot dengan yang ada di akun AdSense sobat.
Cara kerjanya :
Apabila lebar layar maksimal 499px maka tampilkan iklan berukuran 320×100.
Apabila lebar layar minimal 500px maka tampilkan iklan berukuran 728×90.
Untuk hasil-nya perhatikan gambar berikut ini :
Pada gambar yang ditunjukan oleh nomor 1 merupakan unit iklan responsive yang belum dimodifikasi CSS, sedangkan pada gambar yang ditunjukan oleh nomor 2 merupakan unit iklan responsive yang telah dimodifikasi CSS dengan ukuran tetap yaitu 320×100.
Kesimpulan
Harap memperhatikan teknnik pemasangan iklan dengan ukuran tersukses menurut tim Google pada saat melakukan optimasi iklan AdSense di blog sobat supaya mendapat hasil yang sesuai harapan.
Iklan yang telah dimodifikasi ini terdiri dari 2 ukuran yaitu 728×90 pada versi desktop dan 320×100 pada versi seluler.
Jangan memasang iklan terlalu banyak dalam halaman seluler supaya tidak lemot, sehingga pengunjung tetap betah.
Apabila iklan masih terlalu lebar maka silahkan perkecil lagi ukurannya menjadi -> width: 300px; height: 100px, karena jika iklan tidak muat di layar maka rawan banned.
Ukuran iklan bisa dirubah sesuai kebutuhan sobat apabila mau memodifikasi ukuran lainnya, tetapi ingat ya harus unit iklan responsive yang dimodifikasinya supaya tidak melanggar kebijakan Google.