Kursuskomputergratis.com – Daftar BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi BPJSTKU bermasalah? jangan bingung karena masih ada cara lain untuk bisa daftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yaitu melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Persiapkan semua kebutuhan data yang diperlukan saat mendaftar nantinya supaya tidak terkendala sehingga pendaftaran bisa berjalan mulus sesuai harapan.
Ulasan ini dilatarbelakangi dengan adanya kendala teknis dari pembaca kurkom dimana masalah terbanyak adalah tidak bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi BPJSTKU. Setelah dianalisa permasalahan disebabkan karena faktor koneksi pada smarphone yang digunakan dan kendala teknis dari server BPJSTK itu sendiri.
Penulis menggali informasi kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan mengenai penyebab beberapa kendala teknis yang kerap kali terjadi disaat registrasi via aplikasi BPJSTKU tersebut. Dari informasi yang didapat bahwa kemungkinan terbesar server sedang melakukan maintenance sehingga respon server tidak optimal dan bila ada yang melakukan registrasi disaat yang bersamaan maka pasti akan gagal.
Baca : Mengatasi “Network Error” Pada Aplikasi BPJSTKU
Solusi terbaik untuk memecahkan masalah diatas berdasarkan petunjuk dari pihak BPJS Ketenagakerjaan adalah daftar via halaman situs resmi mereka yaitu https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Tidak sulit untuk bisa mendaftar di halaman tersebut karena caranya sama dengan mendaftar via aplikasi BPJSTKU tinggal disiapkan saja NIK, e-mail aktif, Nomor HP aktif dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan.
Langkah-Langkah Daftar BPJS Ketenagakerjaan
Sekarang mari kita mulai. Pastikan melakukan tahapan ini secara berurutan dan tidak ada masalah di koneksi internet supaya transaksi data bisa berjalan dengan baik. Cara ini tidak berlaku bagi yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan karena hanya diperuntukkan bagi yang sudah memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan. Perhatikan dengan cermat !
Pertama
Silahkan akses https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk memulai registrasi secara gratis. Pada halaman ini hanya memasukkan segmen dan e-mail.
Pada kolom Segmen (1) harap memilih sesuai jenis kepesertaan sobat, Penerima Upah untuk karyawan, Bukan Penerima Upah untuk peserta mandiri/swasta dan Pekerja Migran Indonesia untuk sobat yang bekerja di luar negeri. Selanjutnya masukkan e-mail (2) dan tekan Kirim (3) bila data sudah benar.
Kedua
Ini adalah halaman verifikasi data peserta. Sistem akan mengirimkan kode OTP ke e-mail yang terdaftar di akun peserta.
Sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke e-mail yang terdaftar di aplikasi. Selanjutnya buka e-mail tersebut dan temukan kode verifikasinya. Dalam waktu 1 menit proses verifikasi harus sudah selesai, bila lebih dari itu maka kode tersebut akan kadaluwarsa dan harus minta kode verifikasi ulang. Masukkan kode verifikasi ke kolom kode verifikasi (4) dan tekan Verifikasi (5) bila kode sudah benar.
Ketiga
Ini adalah tahap pengisian data yang meliputi data pribadi. Pada langkah ini diperlukan kartu keluarga dan kartu BPJS Ketenagakerjaan.
Kolom nomor 6 – 12 wajib diisi dengan data yang valid terutama nomor Handphone, bagi sobat yang sering gonta-ganti nomor maka pastikan menggunakan nomor yang aktif dan bisa dihubungi karena nantinya akan digunakan untuk verifikasi dan bisa juga untuk cek saldo JHT via sms. Tekan Kirim (13) bila semua data sudah benar.
Baca : Cara Mengganti Nomor Hp Dan Email BPJSTKU [BPJS Ketenagakerjaan]
Keempat
Disini hanya pemberitahuan transaksi dan tidak ada lagi data yang di-input. Sistem akan memberitahu apakah pendaftaran berhasil atau sebaliknya gagal.
Setelah muncul notifikasi ini berarti proses pendaftaran berhasil dilakukan dan pastinya bisa mengakses aplikasi mobile BPJSTKU menggunakan username dan password yang sama.
Kesimpulan
Halaman web ini hanya untuk pengguna yang sudah tedaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya, jadi bagi yang belum terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan silahkan registasi via aplikasi BPJSTKU atau melalui panduan operator 1500910 (telepon berbayar).
Semua database yang sudah di-input saat melakukan registrasi tidak dapat diubah lagi secara manual oleh peserta kecuali Password dan Foto Profil. Untuk melakukan perubahan diluar Password dan Foto Profil bisa meminta bantuan operator layanan di saluran telepon 1500910.
Pastikan tidak ada masalah dengan koneksi internet agar transaksi data bisa dilakukan dengan sempurna. Bila terjadi gangguan koneksi maka akan berdampak kepada proses registrasi menjadi gagal dan tidak menutup kemungkinan transaksi kedua sulit dilakukan, solusinya harus melakukan reset data melalui panduan operator.
Untuk data pribadi harap perhatikan semua data yang ada di KTP atau Kartu Keluarga tidak boleh ada pebedaan dengan data yang tertera pada kartu BPJS Ketenagakerjaan yaitu Nama dan NIK wajib sama, bila ada data yang berbeda dari keduanya maka disarankan menghubungi pihak terkait baik Disdukcapil atau BPJS Ketenagakerjaan.
Apabila ada ketidak sesuaian data antara KTP dengan Kartu BPJS Ketenagakerjaan maka proses registrasi pengguna aplikasi tidak dapat dilakukan karena akan ditolak oleh sistem, sebaiknya diselesaikan terlebih dahulu permasalahannya sebelum daftar aplikasi mobile.