Kupas Tuntas Cara Terbaru Membuat Konten Berkualitas – Konten merupakan salah satu faktor penentu masa depan sebuah website/blog. Baik dan buruknya visibilitas sebuah website itu bergantung kepada kualitas konten yang dimilikinya.
Setiap webmaster diberi kemampuan atau talenta yang bermacam-macam sehingga beragam konten dengan berbagai topik tersebar di semua sudut mesin telusur. Hal ini tentunya semakin memudahkan pengguna internet untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Mengingat sekarang ini kebutuhan informasi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat luas, maka saatnya bagi para webmaster meningkatkan skill-nya dalam membuat konten berkualitas yang banyak diburu oleh masyarakat di mesin telusur.
Konten pada umumnya adalah berupa artikel yang dibuat secara mandiri ataupun didapat dari orang lain dengan cara tertentu. Baik, disini penulis akan memaparkan bagaimana cara membuat konten berkualitas yang dibuat secara mandiri atau dengan kata lain konten tersebut langsung dibuat oleh si pemilik blog.
BACA : CARA MENULIS ARTIKEL YANG BAIK UNTUK BLOG AGAR MENDATANGKAN REZEKI DAN PAHALA
Menurut penulis jika kita membuat konten berkualitas secara mandiri itu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap psikologis kita karena bisa merasakan manfaat secara langsung diantaranya yaitu manfaat yang berdampak kepada mental dan financial dimana kita akan merasa senang karena karya kita bermanfaat buat pembaca dan selanjutnya website kita mendapatkan rewards dari mesin telusur.
Berbeda halnya dengan kita membeli konten kepada orang lain pastinya akan terasa biasa-biasa saja walaupun blog kita kebanjiran pengunjung. Jadi dengan metode ini kita hanya merasakan manfaat dari sisi financial. Alasannya sederhana yaitu kita bukan bapak dari konten tersebut. Biasanya metode ini digunakan apabila memiliki website lebih dari satu.
Membuat konten berkualitas itu susah-susah gampang. Susahnya kalau kita tidak memiliki ilmunya dan akan terasa gampang kalau kita memiliki kompetensi yang mumpuni dalam hal membuat konten. Saran, jika ingin membuat konten secara mandiri maka buatlah yang sesuai dengan passion kita karena dengan begitu ide akan mengalir deras dan tentunya natural.
BACA : CARA MENJADI PENULIS BLOG YANG BAIK AGAR SELALU KAYA INSPIRASI
Jangan memaksakan diri menjadi orang lain untuk bisa membuat konten berkualitas jika sobat ingin sukses menjadi webmaster/blogger mandiri. Fokuslah dengan ide-ide yang sobat miliki dan kembangkan secara alami supaya hasilnya berkualitas. Pikirkan pesan yang ingin disampaikan dari konten yang akan dibuat dan tentukan apakah bermanfaat atau tidak untuk pengguna.
Konten berkualitas itu seperti apa sih mas usman ?
Yang dapat dikatakan konten berkualitas dalam seni blogging itu adalah dia yang memiliki manfaat buat pembaca. Selain itu, konten harus informatif dan tidak melanggar hak cipta orang lain apalagi melanggar kebijakan konten AdSense (kalau sobat seorang publisher AdSense). Dan Penulis rasa kebijakan konten AdSense merupakan tolak ukur pembuatan konten secara global yang dapat dijadikan pedoman dalam etika penyajian konten di jagat maya.
Dari mana memulai membuat konten berkualitas? baik, silahkan simak langkah-langkah berikut ini sebelum sobat memulai membuat konten :
-
Pikirkan kata kunci yang tepat
Untuk memudahkan membuat konten berkualitas, google menyediakan tools yang sangat cerdas diantaranya yang paling populer yaitu Google Adwords: Keyword Planner dan Google Suggest Keyword Tool. Silahkan maksimalkan teknik riset kata kunci dengan tools tersebut untuk mendapatkan topik apa yang kira-kira paling banyak diminati dan temukan kata kunci yang relevan dengan trending topics.
Apabila sobat kebingungan menggunakan kedua tools di atas maka bisa juga menggunakan ubersuggest.io. Menurut penulis, tool ini sangat mudah digunakan dengan hasil yang bisa diandalkan, caranya nanti dijelaskan, sabar ya kita pemanasan dulu …
Mengapa kita harus melakukan langkah ini?
Memikirkan kata kunci yang tepat sebelum menulis artikel itu harus dilakukan supaya memiliki potensi untuk mendapatkan klik dari pengguna. Pikirkan dan prediksi apa yang akan diketik oleh pengguna di mesin telusur dan mulailah membuat artikel yang relevan dengan pencarian mereka.
Untuk ilustrasi penerapan kata kunci bisa dilihat pada gambar di bawah ini :
Jumlah angka pencarian kata kunci sangat menentukan perolehan klik dari pengguna. Apabila sobat mampu mengalahkan blog kompetitor dengan kata kunci yang memiliki angka pencarian tinggi maka sangat memungkinkan lalu lintas visitor ke blog sobat akan padat.
-
Lakukan riset kata kunci
Riset kata kunci perlu dilakukan supaya kita bisa menemukan banyak ide terkait kata kunci yang akan kita bidik nantinya. Hasil riset kata kunci akan memberikan informasi kata kunci apa saja yang relevan dengan index pencarian pengguna di mesin telusur.
Berikut ini cara riset kata kunci dengan ubersuggest. Cara ini bisa memudahkan sobat dalam menemukan ide yang pas dengan kata kunci yang dibidik tetapi tidak menjelaskan secara spesifik mengenai tingkat kompetitornya. Misalkan sobat menargetkan kata kunci “ Mendaftar Adsense”. Maka langkahnya adalah :
-
Masuk ke ubersuggest.io
-
Masukan kata kunci yang dibidik pada kolom suggest
-
Pilih Web
-
Pilih Bahasa
Sehingga tampilannya menjadi seperti ini :
-
Selanjutnya tekan tombol suggest
Setelah hasilnya muncul, pilihlah salah satu kata kunci yang akan sobat targetkan, nantinya akan muncul banyak pilihan kata kunci dan pilihlah salah satu sesuai dengan keinginan sobat yang dianggap tepat.
Berikut adalah hasilnya :
Sampai disini pencarian ide kata kunci selesai. Intinya silahkan sobat kembangkan salah satu kata kunci yang direkomendasikan oleh ubersuggest tersebut.
-
-
Pilih kata kunci yang berpotensi mendapat klik dari pengguna
Saatnya menentukan kata kunci yang tepat supaya ada yang tertarik dengan topik yang kita tawarkan ke hadapan pengguna. Pandai-pandailah dalam langkah ini karena hasilnya akan sangat menentukan masadepan konten di mesin pencari.
Penggunaan kata kunci yang tidak tepat akan mengakibatkan konten terkubur dalam index pencarian sehingga sangat sulit ditemukan pengguna. Pilihlah kata kunci yang banyak dicari pengguna di mesin telusur supaya konten mudah ditemukan mereka. Gunakan kata kunci long tail (kata kunci yang lebih dari 2 suku kata) supaya lebih spesifik dan menarik pengguna untuk berkunjung melihat konten yang kita tawarkan tersebut.
Perhatikan angka pencarian kata kunci di mesin telusur. Untuk blog baru gunakan kata kunci dengan angka pencarian di bawah 1 juta karena biasanya blog yang sudah bertengger di puncak index mesin telusur dengan kata kunci yang memiliki angka pencarian tinggi itu sudah memiliki visibilitas yang bagus dan sulit rasanya jika blog baru bergulat dengan blog tersebut.
Sebagai contoh kita mau memilih kata kunci “mendaftar adsense dengan blogspot” , nah mari kita cek dulu angka pencariannya kalau bagus dan tidak terlalu tinggi ya kita gunakan. Perhatikan gambar berikut ini :
Jumlah angka pencarian lumayan tinggi dan cocok untuk blog pemula. Perlu diperhatikan kalau makin tinggi angka pencariannya berarti makin berpotensi konten kita untuk mendapat klik dari pengguna.
-
Buatlah judul yang menarik
Setelah kita memikirkan, riset dan memilih kata kunci yang berkompetitor menengah ke atas, maka waktunya kita membuat judul artikel. Judul dari sebuah artikel juga sangat menentukan masadepan konten apabila terlihat menarik maka ada potensi di klik, sebaliknya apabila tidak menarik maka pastinya diabaikan pengguna.
Berikut ini contoh perbandingan judul artikel :
A. “ CARA MENDAFTAR ADSENSE DENGAN BLOGSPOT ”
B. “ CARA TERBARU MENDAFTAR ADSENSE DENGAN BLOGSPOT [UPDATE 2017]”Silahkan sobat pilih kira-kira judul yang relevan dan lebih spesifik itu yang mana ?
Penulis yakin normalnya pengguna pasti akan memilih judul B karena lebih spesifik, kalau judul A terlihat lebih kuno dan kadaluarsa walau isinya berkualitas. Ingat sob kalau pengguna itu lebih menyukai konten/tutorial yang update daripada konten jadul.
Perlu diingat bahwa judul artikel itu harus mengandung kata kunci karena awal mula konten kita dirayapi oleh mesin telusur itu adalah bagian judul artikel. Lakukan pengulangan kata kunci secukupnya di awal, di tengah dan di akhir konten supaya balance dan jangan terlalu banyak mengulang kata kunci supaya tidak dianggap spam oleh mesin telusur.
-
Gunakan gambar yang ramah
Mungkin sobat bertanya-tanya seperti apa sih gambar yang ramah ?
Gambar seringkali menjadi masalah besar yang dapat menimbulkan penurunan ranking artikel di SERP atau bahkan terkena penalty karena gambar melanggar kebijakan privasi. Supaya tidak terjadi hal yang tidak diharapkan maka penulis menyarankan untuk menggunakan gambar yang ramah yaitu gambar yang bebas lisesi.
Untuk mengatasi hal ini, google memberikan solusi dengan menyediakan gambar bebas lisesnsi yang disediakan khusus buat artikel blog. Gambar berikut merupakan langkah untuk mendapatkan gambar yang ramah :
Silahkan ikuti petunjuk seperti pada gambar di atas secara berurutan dimulai dari langkah nomor 1 sampai langkah nomor 4.
-
Buat internal link
Internal link adalah salah satu teknik SEO untuk meningkatkan visibilitas blog yang merupakan link rujukan ke halaman lain di dalam blog . Hal ini dibuat supaya pengunjung dapat lebih bertahan lama di blog sehingga dapat menurunkan angka Bounce Rate menjadi lebih kecil.
Angka Bounce Rate merupakan salah satu faktor penilaian google terhadap kualitas blog. Semakin kecil angkanya maka nilai blog akan semakin baik di mata google karena nilai Bounce Rate yang kecil menandakan bahwa blog tersebut berkualitas karena pengunjungnya mau berlama-lama surfing di blog tersebut.
Untuk penerapan internal link tidak sembarangan melainkan harus relevan dengan konten yang sedang di bahas dan jumlahnya juga harus diperhatikan. Menurut para praktisi blogging dalam hal ini senior kami, internal link dalam artikel maksimal tiga link saja dalam satu halaman supaya tidak dianggap spam oleh mesin telusur.
-
Cek kualitas konten
Setelah konten selesai dibuat, kini saatnya sobat menguji kualitas konten. Dalam hal ini apakah konten unik atau malah mengandung duplikat konten. Tujuan utamanya supaya konten benar-benar memiliki kesempatan yang bagus meraih peringkat terbaik di index pencarian.
Disini konten yang unik adalah pemenangnya dan sebaliknya konten duplikat akan dilengserkan oleh google panda dari mesin pencari kalau sobat tidak memperbaikinya. Jadi harus waspada jangan sampai mengandung duplikat yang besar.
Untuk mengecek konten unik atau duplikat bisa menggunakan tools plagiarismsoftware.net. Tools ini berbayar, namun ada versi gratisannya juga yang masih bisa gunakan untuk uji kualitas konten. Buat akun untuk login-nya bisa pakai email atau akun facebook dan g+. Sobat hanya memiliki kesempatan uji kualitas konten satu kali saja dalam sehari untuk setiap akun apabila menggunakan versi gratisan.
Silahkan kunjungi saja websitenya dan ikuti petunjuk yang ada disana intuk mendapatkan informasi kualitas konten. Gambar Berikut merupakan hasil analisanya :
Terlihat pada gambar di atas bahwa konten benar-benar original dan bebas palgiat karena score plagiatnya nol persen dan score unique-nya 100 persen.
Kesimpulan, konten merupakan tolak ukur keberhasilan bisnis bagi publisher Google AdSense atau PPC lainnya. Minimalisir nilai plagiat supaya blog memiliki reputasi baik di mesin pencari karena konten yang bebas plagiat akan membawa perubahan yang cukup signifikan bagi peringkat blog di SERP (Search Engine Result Page). Membuat konten berkualitas itu jangan dikerjakan dengan terburu-buru supaya hasilnya sesuai harapan dan pastikan ada pesan yang disampaikan buat pembaca agar menciptakan suatu perubahan buat mereka.
BACA : ANALISA GAGAL DAFTAR ADSENSE KARENA KONTEN TIDAK MEMADAI
Sampai disini ulasan penulis, semoga sobat semakin memahami bagaimana cara membuat konten berkualitas sehingga blog sobat bisa menjadi pemenangnya dalam competitor kata kunci yang dibidik. Penulis menyadari bahwa dalam ulasan ini masih terdapat banyak kekurangannya. Untuk itu mohon dikoreksi supaya menjadi lebih bermanfaat lagi buat yang lain.
11 Comments
Leave a Reply