Kursuskomputergratis.com – Paspor merupakan dokumen negara yang jika dimiliki oleh seseorang maka ia bisa melakukan perjalanan ke berbagai negara secara legal. Di Indonesia paspor ada tiga jenis diantaranya paspor dinas, paspor diplomatik dan paspor umum yang biasa digunakan untuk jalan-jalan. Pada kesempatan ini penulis akan berbagi pengalaman membuat paspor di Batam karena kebetulan berdomisili di Kota Batam.
Kota dengan julukan Bandar Dunia Madani ini merupakan kota yang strategis karena terletak di jalur pelayaran internasional dan berdekatan dengan beberapa negara padat wisatawan diantaranya Malaysia dan Singapura yang hanya memakan waktu tidak lebih dari 90 menit jika ditempuh melalui perjalanan laut, nah jadi apabila sobat berdomisili di Kota Batam maka rasanya hampa jika tidak memiliki paspor, apalagi tidak memiliki kekasih hati….ops !
Membuat paspor di Batam tidaklah sulit apalagi ribet, sangat gampang sehingga tidak perlu menyuruh orang lain untuk membuatnya kecuali jika sobat seorang yang sangat sibuk bekerja dan tidak banyak memiliki waktu luang. Supaya sobat memiliki pengalaman, penulis sarankan untuk menyempatkan waktu membuat paspor sendiri sehingga bisa membantu teman atau kerabat yang akan membuat paspor di Batam.
Loket Resmi Pelayanan Paspor Di Batam
Ada beberapa tempat di Kota Batam yang akan penulis rekomendasikan untuk mengurus pembuatan atau perpanjangan paspor, mungkin ada tempat lainnya namun penulis hanya mengetahui tempat-tempat berikut ini berdasarkan informasi dan penelusuran langsung ke TKP. silahkan simak ulasan ini dengan cermat.
1. Mal Pelayanan Publik Kota Batam
Tempat ini disediakan secara khusus oleh pemerintah kota Batam, lokasinya berada di Gedung Sumatera Expo Lt.Dasar, JL.Engku Putri, Batam Center, Kepulauan Riau. Untuk menuju ke tempat ini tidak sulit karena mudah dijangkau yaitu tidak jauh dari Mega Mall Batam Center sobat tinggal tanyakan apabila sudah berada di sekitar Mega Mall pasti ketemu karena gedungnya besar sekali.
Terdapat beberapa institusi pemerintah yang membuka loket pelayanan masyarakat di Mal Pelayanan Publik Kota Batam ini, dianataranya yaitu Pemprov Kepri, Polda Kepri, Samsat Kepri, Pemko Batam, BP Batam, Polresta Barelang, Bea Cukai Kota Batam, Imigrasi Kota Batam, Badan Pertanahan Nasional Kota Batam, Kantor Pelayanan Pajak, BPJS Kesehatan, Notaris, BPJS Ketenagakerjaan, Kementrian Ketenagakerjaan, Kementrian Agama, dan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Nah, silahkan kunjungi loket institusi yang berkaitan dengan kebutuhan sobat, untuk pelayanan paspor berada di loket Imigrasi Kota Batam namun disini kuotanya sangat terbatas dan sedikit yaitu hanya untuk 20 orang saja per hari dan nomor antrian diambil secara manual langsung dari loketnya.
2. Harbourbay Batuampar Batam
Unit Layanan Paspor (ULP) Harbourbay Batuampar Batam sudah beroperasi sejak tahun 2017, ULP ini didirikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam. Berbeda dengan Mal Pelayanan Publik Kota Batam, ULP Harbourbay Batuampar Batam melayani pengurusan paspor dengan kuota yang lebih banyak yaitu maksimal 80 orang per hari (informasi bulan Desember 2017).
Apabila sobat ingin mengurus paspor di ULP Harborbay Batuampar Batam silahkan catet alamatnya yaitu di Komplek Harbour Bay, Jl.Duyung, Sungai Jodoh, Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau 29433. Untuk cara mendapatkan nomor antriannya sobat harus daftar via WhatsApp dengan format seperti contoh yang ada dalam ulasan ini.
Selain mendapatkan pelayanan yang ramah dan professional, juga didukung oleh sarana yang cukup baik seperti loket pelayanan ada empat counter, ruang tunggu fuel AC, ruangan untuk ibu menyusui dan MCK yang repsesentatif.
3. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam
Ini dia tempat yang paling penulis rekomendasikan untuk membuat paspor di Batam, lokasinya tidak jauh dari masjid Raya Batam sekitar 100 meteran tepatnya di Jl.Engku Putri No.3 Batam Center atau sekitar 200 meter dari Mal Pelayanan Publik Kota Batam. Kantornya tepat di pinggir jalan sehingga mudah ditemukan.
Sama halnya dengan cara mendaftar di ULP Harbourbay Batuampar, di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam juga harus daftar via WhatsApp, untuk formatnya sama saja yang berbeda hanya nomor WhatsAppnya yaitu dikirim ke 0822 8886 2017. Pendafataran dilakukan pada jam 7:30 WIB s.d. 10:00 WIB.
Kuota pengurusan paspor disini maksimal 257 orang setiap harinya (informasi 30 Desember 2018). Nah, jadi lebih leluasa lagi sob, tapi walaupun kuotanya banyak tetap saja kita harus gerak cepat untuk mendapatkan nomor antrian karena setiap hari di Batam itu ada ratusan permohonan pembuatan paspor baru, bahkan kuota dari ketiga tempat yang penulis rekomendasikan hampir bisa dikatakan kurang banyak.
Untuk fasilitas disini tidak kalah menariknya, terdapat ruangan khusus untuk bermain anak-anak, ruang tunggu fuel AC, MCK, Mushola berkapasaitas kurang lebih bisa untuk 40 orang, dan ada sekitar 8 counter pelayanan sehingga proses administrasi bisa lebih cepat sehingga bisa lebih hemat waktu.
Format Daftar Antrian Pembuatan Paspor
Berikut ini adalah format daftar nomor antrian untuk di Harbourbay dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, silahkan kirimkan ke nomor WhatsApp ULP Harbourbay (0855 656 2017) atau Kantor Imigrasi Batam (0822 8886 2017). Ada 3 Format penulisan pesan untuk permohonan nomor antrian via WhatsApp, perhatikan dengan cermat :
a.Daftar Antrian Permohonan Paspor Biasa (Perorangan)
Format ini digunakan untuk mendaftar nomor antrian permohonan paspor biasa dan diajukan oleh perorangan tidak bersama dengan anggota keluarga lain yang ada dalam satu kartu keluarga. Perhatikan !
NAMA#TGL.LAHIR (DDMMYYYY)#ALAMAT
Contoh : USMAN#07021989#KEL.SAMBAU KEC.NONGSA, BATAM
b. Daftar Antrian Permohonan E-Paspor
Format ini digunanakan untuk permohonan antrian pembuatan E-Paspor perorangan, dalam format pesan silahkan awali dengan E-PASROR, perhatikan!
E-PASPOR#NAMA#TGL.LAHIR (DDMMYYYY)#ALAMAT
Contoh : E-PASPOR#USMAN#07021989#KEL.SAMBAU KEC.NONGSA, BATAM
c. Daftar Antrian Paspor di dalam satu Kartu Keluarga (KK)
Format ini digunakan untuk permohonan antrian pembuatan paspor rame-rame berikut anggota keluarga yang ada dalam satu kartu keluarga, dalam format ini perhatikan jumlah anggota keluarga yang ada dalam kartu keluargamu. Perhatikan !
NAMA#TGL.LAHIR (DDMMYYYY)#ALAMAT#JUMLAH ANGGOTA KELUARGA
Contoh : USMAN#07021989#KEL.SAMBAU KEC.NONGSA, BATAM#6
Harap kirim pesan pada jam pelayanan permohonan antrian yaitu 07:30 WIB s.d. 10:00 WIB. Pelayanan maksimal sampai jam 16:30 WIB, untuk di ULP Harbourbay sampai jam 16:00 WIB.
Proses Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam
Saatnya penulis berbagi pengalaman menarik saat membuat paspor di Batam khusus buat sobat yang berencana membuat paspor di kota Batam maka silahkan simak ulasan ini sampai tuntas dan penulis berharap semoga sobat bisa mengalami kendala terutama saat mempersiapkan administrasi untuk persyaratan pemohonan pembuatan paspor.
Apakah ini khusus untuk warga Batam ?
Tentu saja bukan, hanya saja bagi sobat yang kebetulan beromisili di Batam karena sedang bekerja atau sedang singgah maka bisa dicoba mengajukan permohonan pembuatan paspor disini. Pelayanannya sangat baik dan professional, pastikan semua persyaratan administrasinya lengkap dan tidak ada masalah dengan data KTP maka Insya Allah paspor bisa dibuat.
Tahap Persiapan Administrasi
Ini penting banget, sobat harus teliti mempersiapkannya. Langkah awalnya adalah daftar melalui WhatsApp dengan format dan nomor yang sudah disebutkan tadi di atas untuk mendapatkan nomor antrian supaya permohonan paspor bisa diproses karena disana hanya melayani yang sudah mendapatkan nomor antrian via WhatsApp kecuali untuk kondisi-kondisi tertentu mungkin bisa dilayani.
Ada beberapa persyaratan administrasi yang wajib disiapkan untuk dapat menempuh proses pembuatan paspor, berikut rinciannya :
1. Foto Copy E-KTP (Diperbesar menjadi ukuran A4)
2. Foto Copy Kartu Keluarga
3. Foto Copy Akte Lahir/Ijazah/Buku Nikah/Akte Perkawinan (memuat, TTL dan nama orang tua)
4. Foto Copy Dokumen orang tua bagi permohonan untuk anak dan paspor orang tua
5. Foto Copy Paspor lama untuk penggantian
6. Surat Domisili dari kelurahan untuk KTP luar Batam
7. Materai 6000 (2 buah)
8. Surat keterangan kerja (bagi yang sedang bekerja)
9. Dokumen tambahan bila diperlukan
Untuk persyaratan nomor 3 apabila menggunakan Ijazah maka jangan menggunakan Ijazah kuliahan/Ijazah Sarjana karena biasanya tidak mencantumkan nama oarang tua, jadi gunakan saja Ijazah SLTA/SMP/SD karena pada Ijazah SLTA ke bawah pasti ada dicantumkan nama orang tua. Pengalaman penulis sewaktu menggunakan Ijazah Sarjana ternyata ditolak karena pada Ijazah tersebut tidak ada nama orang tuanya.
Berangkat Ke Kantor Imigrasi
Pastikan semua persyaratan administrasi sudah lengkap dan dokumen aslinya jangan lupa dibawa karena nantinya akan ada verifikasi dokumen, selain itu pesan balasan WhatsApp yang berupa informasi nomor antrian jangan sampai dihapus karena nantinya akan ditanyakan oleh petugas imigrasi sewaktu masuk ke ruangan pembuatan paspor dan pemberkasan dokumen di loket.
Berikut ini adalah contoh informasi nomor antrian yang dikirim via WhatsApp oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam :
Selanjutnya silahkan berangkat ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam dengan waktu dan tanggal sesuai dengan petunjuk dari informasi antrian via WhatsApp tersebut. Sobat harus datang di tanggal yang telah ditentukan oleh system, jika tidak maka harus daftar ulang lagi.
Pesan inilah yang nantinya diperlihatkan kepada petugas imigrasi karena akan menjadi acuan mereka dalam memproses permohonan paspor. Pesan ini bisa di print atau bisa di HP langsung saat diperlihatkan ke petugas imigrasi.
Tahap Pemberkasan
Sambil menunggu nomor antrian kita dipanggil oleh petugas loket harap menyiapkan seluruh dokumen persyaratan yang dibutuhkan baik yang fotocopi ataupun dokumen aslinya serta jangan lupa materai 6000 untuk ditempel di formulir pernyataan yang akan kita isi nanti dan jangan lupa pesan balasan saat mendaftar melalui WhatsApp juga harus disiapkan (lihat gambar 1).
Setelah dipanggil nanti akan dikasih map warna kuning dan nomor antrian untuk ke tahap pemotretan dan wawancara. Berkas kita dimasukan ke dalam map tersebut dan ada dua formulir isian yang harus diisi dengan dengan pena tinta hitam, jangan khawatir kalau tidak membawa pena tinta hitam di ruang tunggu sudah disiapkan penanya dan meja khusus berikut dengan petunjuk pengisian formulirnya.
Pada tahap ini data tambahan yang harus diketahui adalah tempat dan tanggal lahir kedua orang tua, kalau kartu keluarganya masih gabung bersama orang tua bisa dilihat disana. Apabila sudah selesai mengisi semua form, melekatkan materai di form tersebut dan menandatangani formnya maka selanjutnya silahkan tunggu nomor antrian tahap pemotretan dan wawancara dipanggil, ada dua layar yang memperlihatkan nomor antrian yang sedang diproses sehingga kita bisa tahu kapan giliran kita dipanggil.
Tahap Pemotretan dan Wawancara
Pada tahap ini sobat mesti berpenampilan rapi karena ada sesi pemotretan untuk di paspor, jangan sampai rambutmu acak-acakan ya sob biar keren photo di paspornya. Selain dipotret juga ada sedikit wawancara seputar tujuan membuat paspor untuk apa, silahkan saja jawab seadanya apakah untuk piknik, kerja ataupun urusan lainnya.
Jangan lupa siapkan juga dokumen asli yang dibutuhkan sesuai persyaratan administrasi karena kesinilah dokumen tersebut diserahkan termasuk formulir isian data diri dan surat pernyataan bermaterai, apabila tidak ada masalah dengan data kependudukan yang terekam di Disdukcapil maka proses disini tidak akan terkendala, kurang lebih 10-15 menit proses sudah selesai.
Selanjutnya petugas loket akan memberikan resi untuk pengambilan paspor. Pada resi tersebut akan tertera informasi nominal pembayaran biaya administrasi pembuatan paspor sesuai dengan jenis paspor dan ada semacam barcode, berikut ini adalah resinya :
Silahkan perhatikan ketentuan-ketentuan proses pembayaran, pembuatan dan pengambilan paspor seperti yang tertera pada informasi yang ada pada resi (lihat bagian Catatan). Resi ini jangan sampai hilang karena nantinya akan digunakan untuk pengambilan paspor.
Untuk pembayaran biaya administrasi pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam telah disiapkan petugas POS dengan loket khusus. Berikut adalah loket kantor POSnya :
Silahkan selesaikan biaya administrasi melalui loket POS tersebut supaya paspor bisa terbit dengan nominal pembayaran sesuai yang tertera pada resi pengambilan paspor. Apabila pembayaran sudah dilakukan maka sampai disini tahap permohonan paspor telah selesai dan sobat boleh pulang.
Tunggu konfirmasi dari pihak Imigrasi untuk memastikan paspor sudah selesai dibuat, mereka akan menyampaikannya melalui pesan singkat (SMS) ke nomor HP yang kita gunakan di dokumen permohonan paspor.
Proses Pengambilan Paspor
Pada tahap ini pastikan sudah mendapat konfirmasi dari pihak Imigrasi Batam bahwa paspor sudah selesai,namun apabila dalam 7 hari tidak mendapat SMS konfirmasi maka datang saja ke loket pengambilan paspor. Siapkan resi pengambilan paspor dan struk pembayaran biaya administrasinya jangan sampai ketinggalan.
Berikut ini adalah jam pelayanan yang berkaitan dengan pengambilan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam yang harus diketahui, jadwal sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan kebijakan yang berlaku di kantor tersebut :
07:30 WIB – 14:00 WIB Pengambilan nomor antrian
10:00 WIB – 16:00 WIB Pengambilan Paspor untuk hari Senin – Kamis
10:00 WIB – 16:30 WIB Pengambilan Paspor untuk hari Jumat
12:00 WIB – 13:00 WIB Jam istirahat hari Senin – Kamis
11:30 WIB – 13:30 WIB Jam istirahat untuk hari Jumat
Sabtu – Minggu libur
Untuk pengambilan nomor antrian dilakukan secara manual melalui mesin barcode khusus untuk nomor antrian yang sudah disiapkan di ruangan pengambilan paspor, silahkan scan barcode yang ada pada resi pengambilan paspor untuk mendapatkan nomor antrian tersebut. Berikut ini contoh nomor antriannya :
Apabila sudah mendapatkan nomor antrian silahkan tunggu saja nanti nomor tersebut akan dipanggil oleh petugas loket. Sampai disini proses pembuatan paspor sudah selesai dan paspor bisa diambil, sebelum pulang harap periksa terlebih dahulu isi paspor termasuk data pemilik paspor tersebut untuk memastikan tidak ada data yang keliru karena bisa berakibat lumayan fatal.
Itulah pengalaman penulis selama memproses pembuatan paspor di Batam, prosesnya mudah, pelayanannya professional dan cepat. Ulasan ini sebagai wujud terimakasih penulis sebagai warga batam yang sudah merasakan kepuasan terhadap pelayanan publik di kota Batam khususnya di Imigrasi Kelas I Khusus Batam dan akhir kata penulis mengucapkan SELAMAT HARI JADI IMIGRASI YANG KE-68 TAHUN semoga semakin maju dalam membangun bangsa.
Kesimpulan
Seluruh data pribadi pemohon yang ada pada berkas wajib sama dengan data KTP terutama Nama, Tempat dan Tanggal Lahirnya tidak boleh berbeda. Apabila berbeda biasanya permohonan paspor tidak bisa diproses.
Biaya administrasi pembuatan paspor paling mahal hingga saat ini adalah untuk pembuatan E-Paspor yang mencapai 650 ribu rupiah, untuk pembaran biaya administrasinya langsung bayar saja di loket kantor POS yang sudah tersedia di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam.
Paspor akan diproses setelah biaya administrasinya dilunasi, biasanya apabila tidak ada gangguan sistem maka dalam 3 hari paspor sudah bisa diambil, resi pengambilan dan struk pembayaran biaya administrasi jangan sampai hilang dan wajib dibawa saat pengambilan paspor.
Apabila pengambilan paspor dilakukan oleh orang lain yang bukan pemohon maka silahkan membuat surat kuasa untuk pengambilan paspor.